6 DESIGN / DISAIN INOVATIF PLTS RUMAH

PLTS inovatif 01, fotovoltaic inovatif 01, fotovoltaik inovatif 01

Design inovatif panel surya atau disain inovatif panel surya dipercaya dapat memikat masyarakat atau konsumen untuk berinvestasi dengan memasang PLTS di rumahnya. Selama ini, panel surya untuk PLTS rumah designnya sangat kaku, bahkan merusak arsitektur rumah. Apalagi jika rumah tersebut mengambil design klasik, pasti bertentangan karena design panel surya adalah modern dan minimalis. Panel surya berbentuk persegi yang dipasang di atap bahkan menjadikan pemilik rumah meninggalkan kearifam arsitektural lokal. Karena inilah, disain (design) panel surya inovatif sangat dibutuhkan. Apalagi, memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap rumah tidak semudah yang disangka.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa produsen mengeluarkan disain yang inovatif, yang memperhatikan arsitektural lokal. Disain panel surya yang dikeluarkan berbentuk seperti sirap, genting, atau asbes. Pemasangannya tidak seperti PLTS umumnya yang dilakukan diatas genting, tapi langsung menggantikan genting itu sendiri. Ini merupakan jawaban inovatif dari beberapa produsen agar konsumen bisa menikmatinya. Meski bentuknya tidak seperti PLTS umumnya, teknologi yang ditawarkan dinyatakan lebih baik. Selain itu, para produsen inovatif ini menjanjikan harga yang semakin terjangkau.

Panel Surya Powerhouse
Pada tahun 2010, Dow Chemical mengeluarkan panel surya dengan nama Solar Shingles. Ini merupakan panel surya berbentuk genting sirap sehingga bisa menggantikan fungsi genting sirap. Solar Shingles mampu mengonversi 13% sinar matahari menjadi energi listrik, atau naik 2 persen dari teknologi yang umum dipakai, yaitu 11 persen.

Harga yang mereka tawarkan adalah $ 10.000 Amerika Serikat untuk 250 sirap dengan total luas 1.000 kaki persegi. Dow Chemical menjanjikan total biaya investasi yang dikeluarkan konsumen bisa balik modal (break even point/BEP) dalam 10 tahun saja. Suatu janji yang menggiurkan, karena Anda tidak perlu lagi memikirkan listrik setelah 10 tahun mendatang.

Panel Surya Sole Power Tiles
Setahun sebelum Dow membuat terobosan, SRS Energy mengeluarkan panel surya dengan nama Sole Power Tiles. Bentuknya menyerupai genting, bahkan kita benar-benar mengira itu genting keramik bukan PLTS. Karena berbentuk genting, maka instalasi panel surya ini sangat mudah. Bahkan, tukang bangunan biasa bisa melakukannya. Tentu saja, tukang bangunan tidak bisa menginstallnya karena instalasi PLTS membutuhkan pengalaman sendiri.

Bagi pemilik rumah, memasang panel surya Sole Power Tiles hampir tidak mengubah disain rumah mereka. Hanya terlihat bahwa cat gentingnya saja yang berubah. Keunikan ini membuat biaya instalasi tidak terlalu mahal karena dapat menggunakan kuda-kuda dan reng yang sudah ada di bawah genting atau hanya tinggal mengganti genting dengan Sole Power Tiles.

Panel Surya Genting Kaca 
SolTech Energy adalah perusahaan yang berbasis di Swedia. Dia mengeluarkan panel surya termal berbentuk genting kaca. Disainnya sangat menajubkan seperti genting yang terbuat dari es. Selain disain, SolTech menyatakan produknya dapat menghasilkan 350 kWh panas per meter persegi. Namun, tetap memperhatikan kondisi cuaca dan sudut kemiringan dari pemasangan panel surya tersebut.

Panel surya ini diperuntukkan bagi negara yang memiliki 4 musim, karena fungsinya untuk menangkap panas sinar matahari. Panel ini tidak bisa menghasilkan listrik. Jadi, orang Indonesia sepertinya tidak cocok untuk memasangnya. SolTech menjanjikan, konsumen dapat menikmati pemanas ruangan dan air panas selama musim dingin bagi yang membeli produknya.


Panel Surya Solar Roof System
Sun Tegra menawarkan produk panel surya berbentuk genting beton. Ini merupakan cara instalasi PLTS yang sebelumnya tidak pernah terpikir oleh kebanyakan orang. Bentuk dan warna yang sangat mirip dengan genting beton membuat orang mengira bahwa tidak ada panel surya di satu rumah yang dipasang panel surya Solar Roof System milik Sun Tegra.

Sun Tegra menjanjikan keawetan panel suryanya seperti genting beton pada umumnya. Janji ini tidak pernah disebutkan oleh produsen-produsen panel surya lainnya. Sebab, kita mengetahui bahwa umur genting beton bisa puluhan tahun, bahkan bisa melebihi 100 tahun.

Panel Surya SolarPod
Panel surya SolarPod menawarkan kemudahan instalasi. Disainnya memang seperti panel surya pada umumnya, yaitu lembaran persegi. SolarPod menawarkan instalasi yang mudah, tanpa melakukan pengeboran di atap rumah untuk bisa memasang panel surya ini. Ini merupakan terobosan, sebab hampir semua orang tidak menginginkan adanya lubang di atap karena berkaitan dengan bocor saat hujan.

Keunggulan SolarPod adalah bingkai tempat panel surya dipasang. Bingkai terbuat dari baja tahan karat yang dibuat secara pabrikasi. Jaminan tahan karat inilah yang memikat. Keunggulan berikutnya adalah, panel surya dapat dipasang dengan sudut yang diinginkan sehingga efektivitas penangkapan sinar matahari yang lebih tinggi. 

Panel Surya SoloPower
SoloPower memberikan pendekatan tentang panel surya yang benar-benar berbeda dan ditujukan untuk kemudahan instalasi. SoloPower adalah panel surya berbentuk lebaran film tipis yang dapat mengorversi sinar matahari pada tingkat 11 persen. Karena berbentuk lembaran (seperti karpet) maka SoloPower dapat dipasang dimana saja, baik diatap maupun ditembok rumah. 



ahmad senoadi

Sumber :
  • https://www.engadget.com/2016/08/27/six-innovative-rooftop-solar-technologies/, diakses 2016.
  • https://nofisi.blogspot.co.id/2015/03/mengenal-panel-surya-macam-macam-panel.html, diakses 2016.
  • https://id.wikipedia.org/, diakses 2016.




Load disqus comments

0 komentar