GAJI TERTINGGI TETAP MILIK INDUSTRI MIGAS


Gaji tertinggi atau gaji terbesar menjadi idaman setiap pegawai. Target menjadi pegawai dengan gaji tertinggi atau gaji terbesar memicu kebanyakan orang (terutama orang tua) untuk menyiapkan anaknya. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari giat meningkatkan kemampuan hingga menjadi murid atau mahasisa perguruan tinggi terkenal. Banyak lembaga pendidikan berkualitas, baik negeri maupun swasta yang menjadi incaran para murid dan orang tua. Bahkan, banyak orang yang rela merogoh kantongnya dalam-dalam untuk mewujudkan hal ini.

Panduan gaji terbesar atau gaji tertinggi akan memicu orang untuk berusaha mengapainya. Tip dan trik atau cara menggapainya dipelajari dengan seksama. Banyak juga lembaga pendidikan yang khusus mengajarkan tips dan trik ini. Upaya lain, adalah membekali diri dengan hal-hal yang tidak diajarkan dalam lembaga pendidikan yang ditempuhnya untuk memenuhi syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan yang menawarkan gaji tertinggi. Diantaranya, kursus bahasa asing, kepribadian, kepemimpinan, dan lain-lain.

Bagi Anda yang masih belajar, Anda bisa memilih jurusan pendidikan yang dibutuhkan oleh  industri yang menawarkan gaji tertinggi. Tentu saja dengan disesuaikan bakat dan kemampuan. Bisa juga mengasah keterampilan tertentu, terutama yang langka, karena keterampilan jenis ini memiliki gaji yang lumayan tinggi. Bagi yang sudah lulus dan berkeinginan untuk mencari kerja, pengetahuan atas gaji penting agar Anda bisa meraih gaji yang setimpal. Perluas pergaulan atau bahasa keren nya Networking, agar inforasi pekerjaan dengan gaji tinggi bisa didapatkan.

Bagi orang yang sudah kerja, peningkatan gaji atau pindah kerja ke perusahaan yang memiliki gaji tinggi bisa diupayakan. Namun ingat, sebelum pindah kerja teliti dulu prospek karier dan gaji di masa depan. Ada perusahaan yang memberikan gaji besar kepada karyawan yang setia, atau karyawan yang memiliki masa kerja yang lama. Setelah mendapatkan pendapatan bukan berarti Anda pasif dan tidak melakukan peningkatan SDM. Sekolah lagi bukan merupakan hal yang tabu dan sulit dilakukan. Sekolah tidaklah sesulit yang dikatakan orang, hanya mungkin butuh biaya dan waktu. Atur waktu Anda dengan baik, akan ada jalan keluar untuk semua hal. Dan yang penting dipertimbankan, waktu sekolah hanya 3-5 tahun, pengorbanan yang tidaklah lama.

Konsultan bisnis dan manajemen Kelly Service Indonesia mengeluarkan rilis tentang panduan gaji eksekutif tahun 2016. Lembaga ini memilah industri jadi 5, dan menjelaskan berapa gaji para eksekutifnya yang bisa dipakai sebagai acuan bersama.


  1. Industri Tambang, Minyak dan Gas  Inilah perusahaan yang menawarkan gaji tertinggi yang bisa dihasilkan seorang pekerja. Di Indonesia, banyak orang sudah mengakui bahwa gaji di industri ini memang tinggi sekali. Kelly Service Indonesia mencatat gaji seorang Chief Operation Officer (COO) atau Direktur Operasional mencapai Rp300 juta per bulan.  Perusahaan migas mensyaratkan COO harus berkualifikasi pendidikan minimal S1 atau sarjana dan pengalaman kerja diatas 12 tahun. Kualifikasi di level ini memang sangat berat. Mereka hanya merekrut dari institusi pendidikan yang berkualitas. Berikutnya, perusahaan migas biasanya hanya melihat pengalaman kerja di perusahaan-perusahaan bonafid. Pengalaman kerja yang direkrut biasanya pengalaman yang mumpuni.
    Pada level menengah, industri migas mau menggaji seorang pegawai dengan posisi Engineer minimal Rp35 juta per bulan. Pada pegawai level menengah, tapi punya pengalaman kerja dan keterampilan yang lebih baik (senior) maka penghasilan yang diperoleh berada pada kisaran Rp70 hingga Rp100 juta setiap bulannya. Wow besar sekali, dan pasti akan membuat pembaca tergiur.
  2. Industri Jasa KeuanganPegawai di industri yang sarat dengan riba ini menduduki posisi kedua dalam lima besar. Gaji tertinggi pada posisi direktur bisa mencapai Rp300 juta per bulan. Pada level dibawahnya, seperti General Manager atau sering disingkat GM, Anda bisa mendapatkan gaji Rp60 juta sampai Rp80 juta per bulan.
    Berikutnya, posisi manager di perusahaan riba seperti bank dan asuransi bisa menggondol pulang uang penghasilan paling sedikit Rp30 juta sampai Rp50 juta per bulan. Untuk Senior Analyst, setiap bulan mereka bisa membawa angpao Rp15 juta sampai dengan Rp30 juta.
    Bagi Anda yang Islam dan berusaha taat kepada Allah SWT maka perlu dipikirkan dengan cermat apakah mau bekerja di institusi riba ini. Meskipun gaji Anda besar dan Anda akan bergelimangan dengan harta, penyesalan Andadi akhirat juga sangat besar, atau bahkan sangat-sangat besar. Ingat kehidupan dunia hanya sesaat, sementara kehidupan akhirat selama-lamanya. Satu hal lagi, pekerjaan tidak hanya di institusi riba. Kalau Anda ditakdirkan kaya, mau bekerja dimana saja tetap saja Anda akan menjadi orang kaya. 
  3. Industri Teknologi Informasi atau sering disebut Hi-TechIni adalah industri yang mau menggaji pegawainya ratusan juta rupiah per bulan. Bisnis hi-tech memang sudah dikenal memiliki gaji besar. Gaji seorang Country Manager bisa mendapatkan gaji Rp125 sampai Rp250 juta per bulan. Kebutuhan atas Country Manager memang mengemuka di perusahan Teknologi Informasi, kantor di Indonesia merupakan kantor perwakilan mereka. Perusahaan Teknologi Informasi memang kebanyakan merupakan perusahaan multi nasional yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya.
  4. Industri E-CommerceBaik di Indonesia maupun semua negara di dunia, industri e-commerce merupakan industri yang sedang naik daun (booming). Tingkat pesaingan sangat tinggi sehingga perusahaan besar mau menggaji eksekutifnya dengan bayaran yang besar. Pemilik jabatan General Manager, Corporate and Strategic Planning, bisa meraih gaji Rp60 juta hingga Rp90 juta per bulannya.
    Posisi Digital Marketing, posisi yang dianggap penting, gaji yang diterima cukup tinggi. Menurut Kelly Service Indonesia, mereka bisa mendapatkan gaji Rp25 juta hingga Rp55 juta per bulan. Sementara, posisi Content and Product Manager paa perusahaan e-commerce bisa membawa pulang uang Rp20 juta sampai Rp50 juta setiap bulannya.
  5. Industri InfrastrukturPada perusahaan konstruksi atau properti, seorang Project Manager bisa mendapatkan gaji minimal Rp30 juta dan maksimal Rp70 juta per bulan. Bagi Anda yang berada pada posisi Project Engineer, gaji yang diterima bisa mencapai Rp18 juta hingga Rp30 juta setiap bulan. Sementara Finance and Accounting Manager di perusahaan infrastruktur bisa menggondol uang Rp20 juta hingga Rp25 juta per bulan.
Itulah daftar gaji para pegawai di 5 industri terkemuka menurut Kelly Service Indonesia. Bagi Anda yang sudah bekerja di sektor-sektor tersebut bisa membandingkan gaji yang Anda terima saat ini dengan apa yang diumumkan oleh Kelly Service Indonesia. Penulis berdoa agar gaji dan karier Anda lebih bagus dari laporan Kelly Service Indonesia... Amin.

Menurut Ir Ciputra, Anda tidak hanya bisa menjadi pegawai. Anda juga bisa membikin usaha sendiri. Ada sektor perdagangan yang prospeknya luas dan sektor produksi dan jasa. Sebagai entreprenuer, gaji yang akan Anda dapatkan bisa jauh lebih besar dibandingkan gaji seorang pegawai atau juga sebaliknya, bangkrut. Sesuaikan minat dan bakat Anda untuk mencari rizki Allah SWT. Apakah mau jadi pegawai atau entreprenuer yang berhasil.

Oleh : Ahmad Senoadi
Dari berbagai sumber.

Load disqus comments

0 komentar