TEKNOLOGI UNIK UBAH AIR LAUT MENJADI AIR MINUM

Teknologi desalinisasi unik atau teknologi unik mengubah air laut menjadi air tawar (air minum) dapat dilihat di beberapa negara. Di Indonesia, teknologi ini relatif masih jauh dari kenyataan. Sebab, Indonesia masih berlimpah air tawar. Bersyukurlah kepada Allah SWT bagi orang yang mudah mendapatkan air bersih yang berlimpah karena tidak semua orang di belahan bumi mendapatkan karunia ini. Diakui terjadi kekurangan di kota besar dan beberapa wilayah, namun secara umum Indonesia masih aman dari air bersih. 

Di sebagian wilayah Indonesia air bersih berlimpah, bahkan warganya tidak tahu kalau itu bak emas di tempat lain karena sulit ditemukan. Di beberapa tempat ada air, tapi tidak layak (tidak sehat) konsumsi. Sebagian lainnya air tawar terkena kontaminasi pencemaran. Butuh fasilitas penjernihan agar air tersebut dapat dikonsumsi. Namun, fasilitas pemurnian sangat mahal terutama bagi keluarga yang tidak mampu. Tak heran jika bisnis air isi ulang melambung di kota-kota besar di Indonesia.

Berikut, inovasi terbaru proses pemurnian air dengan teknologi terbaru. Uniknya, energi yang dipakai adalah energi terbarukan seperti energi matahari dan energi ombak. Fasilitas penjernihan diperuntukkan bagi wilayah yang sulit mendapatkan air bersih atau wilayah terpencil. Disainnya pun sangat inovatif, bahkan tidak terpikir di otak penulis.

Kapal Desalinisasi Berbentuk Pipa Bertenaga Matahari



Sebuah proyek desalinisasi dengan nama The Pipe sedang direncanakan oleh Pemerintah California. Kapal ini dirancang bisa menghasilkan 1,5 miliar galon air minum bersih. Teknologi yang digunakan adalah desalinisasi air laut di Samudera Pasifik menjadi air layak minum.

Secara umum, teknologi ini adalah memanfaatkan tenaga matahari dengan panel surya untuk menghasilkan gelombang elektromagnetik untuk mengubah air laut menjadi air bersih. The Pipe juga menyaring produk sampingan dari air laut dengan metode pemandian air panas, lalu mengembalikan limbah proses pemurnian ke laut.

Disainnya sangat unik, seperti kapal yang membawa pipa besar. Permukaan pipa dipasang panel surya menangkap sinar matahari dan memanfaatkannya sebagai energi utama kapal dan fasilitas pemurnian air. Jika dipandang dari jauh terlihat pipa ukuran raksasa yang berkilauan. Suatu pemandangan yang tidak akan didapat di tempat lain.

Carnegie Perth Wave Energy Project


Proyek energi Gelombang Carnegie Perth diluncurkan oleh Pemerintah Australia. Penghasil energi gelombang ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai fasilitas desalinisasi air laut menjadi air bersih yang sehat atau air layak minum.  Inilah manfaat ganda yang diidam-idamkan Australia yang banyak memiliki wilayah kering, yaitu menghasilkan listrik dari energi terbarukan dan memproduksi air minum untuk masyarakatnya.

Teknologi Carnegie Perth adalah menangkap energi gelombang dengan pelampung yang dipasang mengambang di permukaan laut. Pelampung ini diikat dengan pompa hidrolik, sehingga memberikan tiga manfaat . Yaitu, menjadi jangkar agar pelampung tidak hanyut, menghasilkan listrik, dan pompa untuk mengalirkan air bersih hasil proses desalinisasi ke daratan.

Fasilitas desalinisasi dibangun di dalam pelampung. Prinsipnya, listrik yang dihasilkan pada pembangkit listrik tenaga gelombang dimanfaatkan untuk menghidupkan mesin desalinisasi sehingga dapat menghasilkan air layak minum. Sisa dari listrik yang dihasilkan dikirim ke daratan untuk dimanfaatkan masyarakat. Dan, pompa hidrolik akan mendorong air bersih ke daratan.

Proyek ini dibangun di Pantai Perth, Australia Barat. Proyek juga merupakan bagian dari program jangka panjang Pemerintah Australia untuk memenuhi kebutuhan air bersih warganya dari desalinisasi air laut menjadi air layak minum.

ahmad senoadi

Sumber :
https://www.engadget.com/2016/09/17/six-technologies-that-produce-clean-safe-drinking-water/, diakses 2016.
Load disqus comments

0 komentar